Serba-Serbi

Rakyat Dukung KPK | 28 Maret 2009

Terlepas dari sejumlah kendala dan hambatan yang menyebabkan KPK belum dapat bekerja dan menunjukkan hasil kerja maksimal dan optimal, seluruh rakyat di tanah air harus dengan jujur mengakui kinerja KPK. Mungkin saja jumlah rupiah yang berhasil diselamatkan tidak seberapa jika dibandingkan dengan pembiayaan kegiatan pemberantasan korupsi oleh KPK bersama seluruh aparat institusional pendukungnya. Namun, secara moral dan psikologis, apa yang sudah dilakukan KPK bersama jajaran pendukungnya tetap terpuji dan harus semakin didukung.

Salah satu dukungan utama terhadap KPK adalah kerja keras secara profesional oleh lembaga pengadilan, kejaksaan, dan kepolisian sesuai dengan bidang tugasnya. Jika ketiga lembaga ini bekerja sungguh-sungguh secara profesional, maka KPK bisa bekerja secara khusus, yaitu memerangi korupsi dengan semakin efisien dan efektif. Efisiensi tercermin pada jumlah biaya dan lamanya proses penangkapan pra koruptor atau efisiensi dalam bingkai penghematan biaya, waktu, dan tenaga. Efektivitas terbaca pada hasil kerja, yaitu jumlah dan kualitas kejahatan korupsi yang ditangani.

Sesungguhnya, lembaga pengadilan, kejaksaan, dan kepolisian sudah membantu KPK jika ketiganya secara interaktif benar-benar menjalankan tugasnya secara profesional, termasuk secara cepat, tepat, dan benar. Mungkin saja, KPK pada suatu saat tak dibutuhkan lagi (untuk sementara) jika ketiga lembaga negara ini sudah bekerja maksimal dan optimal, sekaligus terjadi penghematan biaya, khususnya bagi pemberantasan korupsi.

Kita yakin, bahwa sukses sementara yang diraih KPK adalah juga akibat dari dukungan pemerintah, rakyat sipil, dan dukungan teknologi investigasi atau jenis teknologi informasi lainnya. Pada saat ini, ketika korupsi berjamaah melibatkan sejumlah wakil rakyat, maka rakyat yang diatasnamakan sudah seharusnya mawas diri dan kritis untuk menilai mana partai dan wakil rakyat (asal partai) yang masih bisa dipercaya, dan mana pula yang wajar dan patut diragukan.

Pemilu dapat dijadikan arena untuk menilai secara kritis para caleg, termasuk para wakil rakyat yang kembali mencalonkan diri sebagai caleg pemilu 2009. Yang sulit diyakini bebas dari cemaran korupsi atau yang tidak bersih dari KKN janganlah dipilih. Pemilihan kembali wajah-wajah yang sudah tercemar hanya akan menghambat pembentukan pemerintahan yang bersih dan kuat, sekaligus menyempitkan ruang gerak bebas yang lebih luas bagi pemberantasan korupsi dan kejahatan lain. Inilah saat tepat bagi rakyat untuk mendukung KPK dengan memilih para caleg bersih.


Ditulis dalam Sosial-Budaya

Tinggalkan sebuah Komentar »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

    Kalender

    Maret 2009
    S S R K J S M
        Apr »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Berbagi Itu Baik

    Di dalam Blog ini, saya paparkan segala informasi yang kuketahui dan yang kudapatkan. Memang hanyalah Blog sederhana, namun akan sangat berarti bagi beberapa orang. Kirimkanlah komentar, saran dan kritik anda, sehingga Blog saya akan menjadi lebih baik lagi ke depannya... Terima Kasih....

    Klik tertinggi

    • Tak ada

    Statistik Blog

    • 13,284 hits
%d blogger menyukai ini: