Serba-Serbi

Langkah-Langkah Instalasi Ubuntu Linux 7.04 | 24 Maret 2009

Setelah mengetahui apakah itu Ubuntu Linux 7.04, maka saya akan memaparkan beberapa petunjuk langkah-langkah instalasi Ubuntu Linux 7.04.

Langkah awal instalasi Ubuntu 7.04 adalah pastikan komputer pertama kali membaca DVD-ROM (dpt diatur di settingan BIOS). Dimulai dengan menyalakan komputer dan memasukkan DVD Ubuntu pada DVD-ROM pada komputer. Tidak lama kemudian akan terdapat tampilan awal Ubuntu dengan berbagai macam pilihan, pilihan pertama yaitu Start or Install Ubuntu yang dipilih dengan menekan tombol Enter pada keyboard.

Proses boot up akan berlanjut dan tampilan Ubuntu akan muncul. Klik dua kali dengan mouse pada ikon Install untuk memulai instalasi.

Tahapan instalasi pertama diawali dengan memilih bahasa yang akan digunakan pada sistem komputer. Gantilah bahasa yang dipakai awalnya, yaitu English menjadi Bahasa Indonesia.

Tahap kedua adalah dengan memilih lokasi di mana komputer berada di gambar peta dunia. Kliklah bagian Indonesia, maka tampilan peta Indonesia akan menjadi lebih besar.

Apabila kota Makassar telag terpilih, maka informasi mengenai kota tersebut lengkap dengan standar jam yang dipakai, yaitu GMT +8 jam akan muncul. Tekan tombol Maju untuk maju ke tahap berikutnya.

Tahap ketiga adalah memilih tipe keyboard yang digunakan, dalam hal ini adalah US. English.

Tahap keempat diawali dengan pertanyaan tentang bagaimana sistem akan mengatur partisi-partisi yang nantinya dibutuhkan. Terdapat beberapa pilihan, dan sebaiknya yang anda pilih adalah pilihan Manual. Berikutnya akan muncul tampilan yang menyatakan partitioner sedang disiapkan. Untuk mengedit partisi secara manual, apabila terdapat ruang kosong pada hard disk anda, pilihlah ruang kosong tersebut dengan mengklik free space, kemudian tekan tombol New Partition.

Partisi pertama yang akan dibuat adalah partisi /boot yang besarnya 256 MB. Pilihlah Logical untuk tipe partisi dengan ukuran 256, lokasi pada Beginning dengan menggunakan ext3 sebagai sistem berkasnya, Mount point dituliskan /boot. Tekan tombol OK untuk melanjutkan.

Berikutnya adalah membuat partisi home (/home) yang besarnya 5000 (sekitar 5 GB) melalui cara yang sama dengan memilih free space, kemudian tekan tombol New Partition. Ukuran partisi /home ini dapat disesuaikan dengan besar hard disk yang dimiliki. Sebagai panduan, sebaiknya ruangan yang disiapkan untuk partisi berikutnya, yaitu / (root) minimal 3000 dan swap minimal 256.

Partisi berikutnya adalah partisi /. Lakukan dengan cara yang sama dengan perbedaan pada mount point dituliskan / (garis miring saja) dan ukuran di sini dicontohkan 10000 (sebaiknya minimal 3000 dan sebaiknya disisakan sekitar 512 untuk partisi terakhir).

Partisi terakhir yang dibuat adalah partisi swap yang dihabiskan sampai akhir ruang kosong pada hard disk. Pada partisi ini FileSystem yang dipilih adalah swap. Tekan tombol OK untuk mengakhiri proses pembuatan partisi.

Tampilan berikutnya adalah pilihan migrasi dokumen dan setting dari partisi di Windows yang dimiliki. Pilihlah kotak cek yang disediakan atau tidak memilih sama sekali. Pada contoh ini, saya tidak melakukan migrasi dokumen dan setting apa pun. Tekan tombol Maju untuk meneruskan proses instalasi.

Apabila tombol Maju ditekan, anda akan diminta untuk mengisikan informasi data diri. Isikan nama lengkap, kemudian nama account yang diperlukan untuk log in, untuk password harus diketikkan dua kali dan harus sama. Nama komputer biasanya juga akan dituliskan otomatis dan bisa anda ubah sesuai selera. Tekan tombol Maju untuk meneruskan ke proses instalasi terakhir.

Tahap ketujuh atau yang terakhir berisi ringkasan dari tahap-tahap sebelumnya dan pernyataan bahwa sistem operasi Ubuntu siap untuk dipasang. Tekan tombol Install untuk memulai proses pemasangan.

Proses instalasi akan berlangsung beberapa saat. Biasanya sekitar 10-30 menit tergantung dari kecepatan komputer atau laptop yan dimiliki.

Setelah proses instalasi selesai, akan muncul pertanyaan apakah akan restart komputer atau tetap dalam kondisi sekarang. Tekan tombol Restart Sekarang untuk menyalakan ulang komputer.

Setelah proses booting selesai, maka selesai pula Proses Instalasi Ubuntu 7.04.

Bagi anda yang menginginkan DVD Installer Ubuntu Linux 7.04, anda bisa hubungi saya di 0411-9194079. Akan saya berikan DVD Installer dengan harga Rp12.500.

Terima kasih….


Ditulis dalam Komputer

1 Komentar »

  1. stting awal tampilanny gimana?
    soalnya setelah diinstal tampilan yang keluar terlalu besar. pake layar monitor 14′.
    baru pemula…makasih ya

    Komentar oleh Chandra — 15 Oktober 2009 @ 04:16


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

    Kalender

    Maret 2009
    S S R K J S M
        Apr »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Berbagi Itu Baik

    Di dalam Blog ini, saya paparkan segala informasi yang kuketahui dan yang kudapatkan. Memang hanyalah Blog sederhana, namun akan sangat berarti bagi beberapa orang. Kirimkanlah komentar, saran dan kritik anda, sehingga Blog saya akan menjadi lebih baik lagi ke depannya... Terima Kasih....

    Klik tertinggi

    • Tak ada

    Statistik Blog

    • 13,284 hits
%d blogger menyukai ini: